HADITS “SURGA MERINDUKAN EMPAT JENIS ORANG”,.. SHAHIHKAH,.?

PERTANYAAN

Aslmwrb. P ustad mau tanya nich. Sy bc bku ktmu hdits yg artnya : shurga itu merindukan empat orang yi pembaca alquran, penjaga lidahnya,pemberi mkn orang yg lapar,orang berpuasa d bln ramadhan. Bagaimana derajad haditsnya ya ustadz. Nuwun

JAWAB

Mungkin yang di maksudkan adalah “riwayat” sebagaimana di bawah ;

 ((الجنة مشتاقة إلى أربعة نفر: تالي القرآن, وحافظ اللِّسان, ومُطعِم الجيعان, والصائمين في شهر رمضان)).

“Surga itu merindukan empat macam jenis orang ; yaitu pembaca Al Quran, penjaga lisannya, pemberi makan orang yang lapar, dan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan.”

Maka sepanjang pengetahuan kami, HADITS ITU SAMA SEKALI TIDAK TERDAPAT DI KITAB-KITAB HADITS MANAPUN. Yang kita dapatkan adalah banyak orang yang menyebutkannya namun TANPA SUMBER YANG JELAS.

Oleh karenanya tidak seyogyannya kita menyebarkan riwayat TIDAK JELAS tersebut, apalagi sampai menyebutkan bahwa itu adalah sabda dari Nabi Shalallohu alaihi wasallam, di karenakan ia akan mendapatkan ancaman yang keras dari Nabi sebagaimana sabda beliau ;

” إِنَّ كَذِبًا عَلَيَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى غَيْرِي , فَمَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَده مِنْ النَّار ” . متفق عليه.

“Sesungguhnya berdusta atas namaku tidak sebagaimana berdusta atas nama orang selain diriku, maka barang siapa yang BERDUSTA ATAS NAMAKU DENGAN SENGAJA, silahkan ia menempati tempat duduknya di NERAKA`” (Muttafaqun ‘alaihi)

Jangan sampai kita berdusta atas nama Nabi Shalallohu alaihi wa sallam, yaitu dengan mengatakan sebuah ucapan yang pada dasarnya itu bukan ucapan dari Nabi,namun kita mengatakan bahwa itu adalah ucapan Nabi Shalallohu alaihi wa Sallam. Maka silahkan ia menempati tempat duduknya di neraka.

Wallohu alam

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *