Bolehkah Shalat Gerhana Di Kerjakan Di Rumah,.?

Oleh : Abu Ruqoyyah Setyo Susilo

PERTANYAAN

Assalamu’alaikum….ustad. Maaf….numpang tanya….apakah sholat gerhana boleh dilakukan berjamaah di rumah…bersama klg.

JAWAB

Terdapat beberapa riwayat berkaitan dengan shalat gerhana. Diantaranya adalah hadits berikut ;

عن أبي مسعود عقبة بن عامر الأنصاري رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : ان الشمس و القمر آيتان من آيات الله, يخوف الله بهما عباده و انهما لا ينكسفان لموت أحد ولا لحياته, فإذا رأيتم منهما شيئا فصلوا وادعوا حتى ينكشف ما بكم (رواه البخاري و مسلم)

“Dari Abu Mas’ud Uqbah bin Amir Al Anshari Radhiyallohu anhu beliau berkata ; Rasulullah Shalallahu alaihi wa Sallam beliau bersabda ; Sesungguhnya matahari dan bulan adalah termasuk tanda-tanda kekuasaan Allah Ta’ala, dengan keduanya Alloh menakuti hamba-hambaNya. Keduanya tertutup/ hilang cahayanya (terjadi gerhana) bukan karena matinya seseorang atau lahirnya seseorang. Apabila kalian melihat terjadi sesuatu pada keduannya (gerhana) berdoalah hingga tersingkap kembali.”  (HR Bukhori Muslim)

Juga riwayat ;

(إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلا لِحَيَاتِهِ، فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَادْعُوا اللَّهَ وَصَلُّوا حَتَّى يَنْجَلِيَ) [رواه البخاري ومسلم]

“Sesungguhnya matahari dan bulan merupakan dua tanda dari tanda-tanda kekuasaan Alloh Ta’ala, terjadi gerhana (tertutup/hilang cahayanya) bukan karena matinya seseorang atau lahirnya seseorang. Apabila kalian melihatnya (terjadi gerhana) berdoalah dan shalatlah hingga tersingkap kembali.” (HR Bukhori Muslim)

Oleh karenanya mayoritas ulama berdasarkan hadits hadits yang ada berpendapat bahwa hukum shalat gerhana, baik gerhana matahari atau gerhana bulan adalah Sunnah Muakkadah tatkala sebabnya ada. Adapun hanafiyah berpendapat wajib. Namun ini adalah pendapat yang lemah.

Demikian pula para ulama sepakat di sunnahkanya melakukan shalat gerhana secara berjamaah, namun SAH PULA DI TUNAIKAN SECARA BERSENDIRIAN, atau di rumah bersama keluarga [Fatwa no. 48658, Islamway.net] ini karena perintah dalam sabda Nabi sifatnya umum, ;

فصلوا وادعوا حتى ينكشف ما بكم

“Maka Shalatlah kalian dan berdoalah hingga tersingkap gerhana.”

Karena umum, serta tidak ada perintah berjamaah maka boleh di kerjakan bersendirian, atau di kerjakan di rumah bersama keluarga. Meskipun di kerjakan secara berjamaah di masjid itu lebih utama.

Wallohu alam…

—————————–

Pagi menjelang siang di Asrama Haji DIY 240216

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *